Home » , » Agama Adalah Nasehat

Agama Adalah Nasehat

AGAMA ADALAH NASEHAT
Disusun Oleh:
Abu Muhammad Abdurrahman bin Sarijan


عن أبي رقية تميم بن أوس الداري رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه و سلم قال: الدين النصيحة ثلاثا.قال: لله, ولكتابه, ولرسوله, ولأئمة المسلمين وعامتهم. (رواه مسلم 55)

Dari Abu Ruqoyyah Tamim bin Aus Ad-Dariy radhiallahu ‘anhu, ia berkata:’Sesungguhnya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:”Agama adalah nasehat (3X), kemudian ia bersabda:”Bagi Allah, kitab-Nya, Nabi-Nya, pemimpin kaum muslimin, dan ummat islam pada umumnya” (HR. Muslim no. 55).

Takhrij Hadits:

Hadits ini dikeluarkan oleh Muslim dari jalur Sahl bin Abi Sholih dari Atho’ bin Yazid Al-Laitsiy dari Tamim Ad-Dariy.

Dan telah diriwayatkan dari Suhail dan selainnya dari Abu Sholih dari Abu Hurairoh dari Nabi sholallahu ‘alaihi wa sallam. Dikeluarkan oleh At-Tirmidzi menurut sanad ini.

Hadits ini telah diriwayatkan dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dari beberapa jalur, yaitu:

1) Hadits Ibn ‘Umar radhiallahu ‘anhuma.

2) Hadits Tsauban radhiallahu ‘anhu.

3) Ibn ‘Abbas radhiallahu ‘anhu.

4) dll.

Definisi Nasehat

Kata ‘nasehat’ berasal dari bahasa arab,yaitu dari kata kerja nashaha yang berarti ikhlash/murni dari segala kotoran, dapat juga berarti menjahit.

Berkata Imam Al-Khothobiy:

النصيحة كلمة يعبر بها عن جملة هي إرادة الخير للمنصوح به

“Nasehat adalah kalimat untuk menerangkan suatu pengertian, yaitu keinginan kebaikan untuk orang yang dinasehati”.

A. Pengertian Nasehat Kepada Allah Azza wa Jalla.

Berkata Imam Al-Khothobiy:

فمعنى النصيحة لله عز و جل: صحة الإعتقاد في وحدانيته و إخلاص النية في عبادته

Makna kalimat ‘nasehat kepada Allah Azza wa Jalla’ adalah benarnya keyakinan kita akan keesaan-Nya serta ikhlash dalam beribadah kepadanya”.

Berkata Abu ‘Amru bin Ash-Sholah 1):”Nasehat kepada Allah Azza wa Jalla adalah mentauhidkan-Nya, menshifati-Nya sesuai dengan shifat-shifat-Nya yang lengkap dan sempurna, meninggalkan perbuatan maksiat kepada-Nya, melaksanakan keta’atan dan kecintaan kepada-Nya dengan cara mengikhlashkan ibadah kepada-Nya, cinta dan benci karena-Nya”.

B. Pengertian Nasehat Kepada Kitab-Nya.

Berkata Imam Al-Khothobiy:

والنصحة لكتابه: الإيمان به و العمل بما فيه

“Nasehat kepada kitab-Nya adalah kita mengimaninya dan menjalankan apa-apa yang ada padanya”.

Berkata Imam Muhammad Ibn Nashir Al-Mawarzi rahimahullah dalam kitabnya Ta’zhimu Qadris Sholah (II/693):”Sedangkan nasehat kepada kitab Allah adalah dengan mengagungkan dan mencintainya, karena Al-Qur’an adalah kalamullah. Lalu, memiliki perhatian dan keinginan yang kuat untuk memahaminya, mempelajari dengan didasari rasa cinta kepadanya, serius dan penuh kosentrasi disaat membacanya agar dapat memahami sesuai dengan yang dikehendaki Allah. Selanjutnya ia dituntut mengamalkan seluruh isi Al-Qur’an, berakhlaq dengan akhlaqnya dan beradab dengan adabnya setelah itu ia harus menyebarluaskannya kepada manusia apa yang telah ia fahami”.

Dan untuk memahami Al-Qur’an dengan pemahaman yang benar haruslah memahami metode yang benar pula. Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullah dalam muqoddimah kitab tafsirnya menerangkan:”Sebenar-benar metode tafsir adalah penafsiran Al-Qur’an dengan Al-Qur’an, penafsiran Al-Qur’an dengan As-Sunnah, penafsiran Al-Qur’an dengan perkataan para sahabat, dan penafsiran Al-Qur’an dengan perkataan para tabi’in.

Adapun penafsiran dengan ra’yu (akal) semata hukumnya adalah haram. Hal ini sebagaimana diterangkan oleh Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah rahimahullah dalam kitabnya Al-Muqaddimah Fii Ushulit Tafsir.

C. Pengertian Nasehat Kepada Rasul-Nya

Berkata Imam Al-Khothobiy:

والنصيحة لرسوله:التصديق بنبوته وبذل الطاعة له فيما أمر به ونهى عنه

“Dan nasehat kepada Rasul-Nya adalah: Kita membenarkan kenabian mereka serta menjalankan apa-apa yang diperintahkannya dan menjauhi apa yang diarangnya”.

D. Pengertian Nasehat Kepada Para Pemimpin Muslim.

Berkata Syaikh Muhammad Hayat As-Sindi rahimahullah berkata:”Yang dimaksud para pemimpin muslim adalah para penguasa mereka. Seorang muslim haruslah menerima, mendengar dan taat kepada para penguasa selama yang dipeintahkan bukan hal maksiat. Sebab tidak boleh taat kepada makhluk dalam hal kemaksiatan terhadap Allah.

Tidak boleh memerangi mereka (memberontak,pent) selama belum kafir, berusaha memperbaiki keadaan mereka, meluruskan kesalahan mereka dengan jalan ‘amar ma’ruf nahi munkar, mendo’akan mereka agar mendapatkan kebaikan karena kebaikan mereka berarti kebaikan bagi rakyat dan kerusakan mereka berarti kerusakan pula bagi rakyat” 2).

E. Pengertian Nasehat Kepada Kaum Muslimin Pada Umumnya.

Berkata Imam Al-Khothobiy rahimahullah:

والنصيحة لعامة المسلمين: إرشادهم إلى مصالحهم

“Dan nasehat kepada kaum muslimin pada umumnya adalah memperbaiki keadaan mereka kepada keadaan yang lebih baik”.

Perkataan Ulama Tentang Hadits “Agama Adalah Nesehat”.

Abu Dawud menyatakan bahwa hadits ini merupakan salah satu hadits dari hadits-hadits yang menerangkan masalah fiqh.

هذا الحديث له شأن العظيم

Berkata Al-Hafidz Abu Nu’aim:”Hadits ini memuat suatu perkara yang sangat besar”.

Segala puji bagi Allah, Penguasa seluruh alam. Semoga sholawat dan salam tetap tercurah kepada Nabi kita Muhamad, keluarga, dan para sahabatnya.


Catatan Kaki:

1) Shiyanah shohih muslim ‘anil Ikhlal wal Ghulat wa himayatihi minal Isqoth, hal: 223-224).

2) Syarh Al-Arba’in An-Nawawiyah, hal: 48.

Maraji’: Iqozhul Himam; Al-Muntaqo Jami’ul ‘Ulum wal Hikam; Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly hafizahullah Ta’ala.

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru