Home » , , , , » Mengenal Pendiri Jama'ah Tabligh

Mengenal Pendiri Jama'ah Tabligh

MENGENAL PENDIRI JAMA’AH TABLIGH
Disusun Oleh:
Abu Muhammad Abdurrahman Sarijan


Jama’ah Tabligh adalah salah satu diantara jama’ah-jama’ah dakwah yang ada pada saat ini. Jama’ah ini berdiri sekitar pertengahan abad 14 Hijriyah, pendirinya adalah Syaikh Muhammad Ilyas bin Muhammad Isma’il Al-Kandahlawiy1).

Kelahirannya:

Syaikh Muhammad Ilyas dilahirkan pada tahun 1302 Hijriyah, ia menghafal Al-Qur’an dan kitab-kitab hadits (Kutubus Sittah) di atas manhaj Ad-Deobandiy2), dengan madzhab Hanafi, Aqidah Asy’ariy Al-Maturidiy, dan dengan thoriqoh shufiyah.

Jama’ah Tabligh menganut 4 (empat) thoriqoh shufiyyah, yaitu:

a. Thoriqoh An-Naqsyabandiyyah.

b. Thoriqoh As-Sahrudiyyah.

c. Thoriqoh Al-Qodariyyah.

d. Thoriqoh Al-Jisytiyyah.

Syaikh Muhammad Ilyas telah melakukan bai’at shufiyyah kepada Syaikh Rosyid Ahmad Al-Kankuhiy, kemudian ia memperbaharuinya setelah Syaikh Rosyid meninggal kepada Syaikh Ahmad Al-Sahranfuriy. Syaikh Ahmad memberikan izin kepada Muhammad Ilyas untuk membai’at orang lain menurut manhaj shufi.

Syaikh Muhammad Ilyas sering sekali duduk berkhalwat di kuburan Syaikh Nur Muhammad Al-Badayuniy dan kuburan Syaikh ‘Abdul Kudus Al-Kankuhiy seorang penganut faham wihdatul wujud 3).

Berkata Muhammad Manzur Al-Nu’maaniy menukil perkataan Syaikh Muhammad Ilyas tentang dirinya:”Terbuka jelas jalan dakwah ini ketika saya mendapatkan ilham dalam mimpi tentang tafsir baru firman Allah:

{كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ} (110) سورة آل عمران

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik” (QS. Ali Imron: 110).

Dan hal itu tidakdapat terwujud dengan tetap tinggal disatu tempat, berdasarkan dalil firman Allah ( أخرجت). Dan iman akan bertambah dengan khuruj ini, dengan dalil adanya firman Allah Azza wa Jalla ( وتؤمنون بالله ) setetelah firman-Nya ( أخرجت للناس ) dan makna kalimat ( أمة ) adalah bangsa arab dan ( الناس) adalah bangsa-bangsa selain arab.

Allah Azza wa Jalla telah menyampaikan tentang bangsa arab sebagaimana dalam firman-Nya:

{لَّسْتَ عَلَيْهِم بِمُصَيْطِرٍ} (22) سورة الغاشية

“Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka” (QS. Al-Ghoosyiyyah: 22). Dan firman-Nya:

{… وَمَا أَنتَ عَلَيْهِم بِوَكِيلٍ} (107) سورة الأنعام

“…dan kamu sekali-kali bukanlah pemelihara bagi mereka” (QS. Al-An’am: 107)4).

Wafatnya:

Syaikh Muhammad Ilyas meninggal dunia pada tahun 1364 Hijriyah atau bertepatan pada tahun 1944 Masehi, meninggalkan keluarga dan pengikutnya. Diantara putranya adalah Syaikh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawiy, amir kedua Jama’ah Tabligh. Juga meninggalkan seorang putrid yang kemudian menikah dengan Syaikh Muhammad Zakaria, penulis kitab Tabligh An-Nishob.5)


Catatan Kaki:

1. Al-Kandahlawiy adalah penisbatan kepada tanah kelahirannya Kandahla distrik Saharanpur.

2. Ad-Deobandiyah adalah nisbat kepada nama desa Deoband. Deobandiyyah adalah madrasah Darul Ulum yang di dirikan pada tanggal 18 Muharram 1288 H. Khusus mengajarkan madzhab Hanafi dan Aqidah Asy’ariyah Maturidiyah. Mereka beranggapan bahwa madrasah ini di dirikan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, dihadiri oleh Syaikh Muhammad Qaasim An-Nanutawi Al-Hanafiy Al-Jitsiy.

3) Jama’ah Tabligh, hal: 12-13. Muhammad Aslam. Dengan Perantara kitab Haqiqat Ad-Da’wah Ila Allah. Oleh: Sa’ad Hushain.

4) Lihat Al-Mauridul ‘Adzbul Zulal, hal: 250-251. Oleh: Syaikh Ahmad Yahya dan juga Jama’ah Tabligh, hal: 14. Oleh: Miyan Muhammad Aslam.

5) Haqiqat Ad-Da’wah Ila Allah, hal: 63. Oleh: Sa’ad Hushain.

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru