Home » » Tafsir Ayat Poligami

Tafsir Ayat Poligami

TAFSIR AYAT POLIGAMI
Oleh: Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah Ta’ala


Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah ditanya:”Ayat tentang poligami dalam Al-Qur’an berbunyi:

{ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلاَّ تَعْدِلُواْ فَوَاحِدَةً } (3) سورة النساء

“Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja…” (QS. An-Nisa’: 3).

Dan dalam ayat lain Allah Azza wa Jalla berfirman:

{وَلَن تَسْتَطِيعُواْ أَن تَعْدِلُواْ بَيْنَ النِّسَاء وَلَوْ حَرَصْتُمْ } (129) سورة النساء

“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian” (QS. An-Nisa’: 129).

Dalam ayat yang pertama disyaratkan adil tetapi dalam ayat yang kedua ditegaskan bahwa untuk bersikap adil itu tidak mungkin. Apakah ayat yang pertama dinasakh (=dihapus hukumnya) oleh ayat yang kedua yang berarti tidak boleh menikah kecuali hanya satu saja, sebab sikap adil tidak mungkin diwujudkan?

Jawab: Dalam dua ayat tersebut tidak ada pertentangan dan ayat yang pertama tidak dinasakh oleh ayat yang kedua, akan tetapi yang dituntut dari sikap adil di dalam membagi giliran dan nafkah. Adapun dikap adil dalam kasih sayang dan kecenderungan hati kepada istri itu diluar kemampuan manusia, inilah yang dimaksud dalam firman Allah Azza wa Jalla:

{وَلَن تَسْتَطِيعُواْ أَن تَعْدِلُواْ بَيْنَ النِّسَاء وَلَوْ حَرَصْتُمْ } (129) سورة النساء

“Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian” (QS. An-Nisa’: 129).

Oleh sebab itu ada sebuah hadits dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasannya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah membagi giliran di antara para istri secara adil, lalu dia mengadu kepada Allah Azza wa Jalla dalam do’anya:

اللهم هذا قسمي فيما أملك, فلا تلمني فيما تملك ولا أملك (رواه أبو داود, الترمذي

“Ya Allah, inilah pembagian giliran yang mampu aku penuhi dan janganlah Engkau mencela apa yang tidak mampu aku lakukan” (HR. Abu Dawud; At-Tirmidzi; An-Nasa’I; Ibn Majah dll).

Sumber: Fatawal Mar’ah; 2/62.

www.muslimah-salafiyah.blogspot.com

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru