Home » , » Aqidah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab (2)

Aqidah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab (2)

AQIDAH SYAIKH MUHAMMAD ABDUL WAHHAB
= RAHIMAHULLAH TA'ALA=
Oleh: Syaikh Muhammad Abdul Wahhab
(Bagian ke-2)

Aku beriman kepada segala sesuatu yang telah dikabarkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam walaupun ia telah meninggal dunia.

Aku beriman akan adanya fitnah dan nikmat kubur. Dan aku beriman bahwa ruh akan kembali kepada jasad-jasadnya. Didekatkannya matahari kepadanya. Ditampakkannya timbangan amal serta ditimbangnya amal setiap hamba. Allah Ta'ala berfirman:
وَالْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ الْحَقُّ فَمَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (8) (سورة الأعراف: 8)
"Timbangan pada hari itu (menjadi ukuran) kebenaran. Maka barangsiapa berat timbangan (kebaikannya) maka mereka itulah orang yang beruntung" (QS. Al A'rof: 8).

Allah Azza wa Jalla berfirman:
وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ فَأُولَئِكَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ فِي جَهَنَّمَ خَالِدُونَ (103) (سورة المؤمنون: 103)
"Barangsiapa ringan timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di Neraka Jahannam" (QS. Al-Mukminun: 103).

Manusia akan mengambil kitab amalnya dengan tangan kanannya atau ia akan mengambil kitab amalnya dengan tangan kirinya.

Aku beriman akan adanya telaga Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam. Airnya lebih putih dari putihnya laban dan lebih manis dari manisnya madu. Lenteranya berhiaskan dengan bintang-bintang yang berada dilangit. Barangsiapa yang meminum air darinya maka ia tidak akan merasa lapar untuk selama-lamanya.

Aku beriman bahwasannya shiroth (=jembatan) berada diantara Neraka Jahannam. Manusia akan melewatinya sesuai dengan kadar amal-amalnya.

Aku beriman akan adanya syafa'at Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam. Ia adalah orang yang pertama diberi syafa'at dan yang memberi syafa'at. Tidak ada seorangpun yang mengingkari akan adanya syafa'at kecuali golongan ahlul bid'ah dan ahlul dholal. Akan tetapi syafa'at tidak akan terjadi (=terkabul) kecuali dengan izin dan ridlo-Nya, hal ini sebagaimana firman-Nya:
وَلَا يَشْفَعُونَ إِلَّا لِمَنِ ارْتَضَى وَهُمْ مِنْ خَشْيَتِهِ مُشْفِقُونَ (28)(سورة الأنبياء: 28).
"…dan mereka tidak memberi syafa'at melainkan kepada orang yang diridloi(Allah), dan mereka selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya" (QS. Al Anbiya: 28)

Allah Ta'ala berfirman:
مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ (255)
"Tidak ada yang dapat memberi syafa'at di sisi-Nya tanpa izin-Nya" (QS. Al Baqoroh: 255).

Allah Azza wa Jalla berfirman:
وَكَمْ مِنْ مَلَكٍ فِي السَّمَاوَاتِ لَا تُغْنِي شَفَاعَتُهُمْ شَيْئًا إِلَّا مِنْ بَعْدِ أَنْ يَأْذَنَ اللَّهُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَرْضَى (26) (سورة النزم: 26)
"Dan berapa banyak malaikat di langit, syafa'at mereka sedikitpun tidak berguna kecuali apabila Allah telah mengizinkan (dan hanya) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Dia ridloi" (QS. An Najm: 26).

Dan Ia tidak akan meridloinya kecuali kepada ahli tauhid serta Ia tidak akan mengizinkannya kecuali kepada ahlinya. Sedangkan bagi orang-orang musyrik, maka ia tidak akan mendapatkan syafa'atnya. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta'ala:
فَمَا تَنْفَعُهُمْ شَفَاعَةُ الشَّافِعِينَ (48
"Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafa'at dari orang-orang yang memberikan syafa'at" (QS. Mudatsir: 48).

Aku beriman bahwasannya Jannah dan Neraka adalah 2 (dua) makhluk-Nya, keduanya telah diciptakan-Nya sekarang, serta keduanya tidaklah kosong.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman akan melihat Allah dengan pandangan mereka pada hari kiamat sebagaimana ia melihat bulan pada tanggal 15 hijriyah. Mereka melihat Allah tanpa adanya halangan sedikitpun.

Aku bersaksi bahwasannya Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam adalah penutup para nabi dan rasul. Tidaklah benar iman seorang hamba sampai ia mengimani dan menyaksikan kebenaran risalah kenabiannya.

Sesungguhnya sebaik-baiknya manusia dari ummatnya adalah Abu Bakar Ash Shidiq, Umar Al Faruq, 'Utsman Dzul Nurain, serta 'Ali Al Murtadla, kemudian para sahabat yang sepuluh, Ahlu Badr, Ahlu bai'ah Ar Ridwan, kemudian para sahabat nabi yang lainnya radhiallah anhum ajma'in.

(Bersambung, insyaAllah)

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru