Home » , » Beberapa Fatwa Mengenai Tanda-tanda Hari Akhir

Beberapa Fatwa Mengenai Tanda-tanda Hari Akhir

Soal no. 138: Syaikh Muhammad Sholih Al 'Utsaimin ditanya tentang hadits-hadits keluarnya Al Mahdi. Apakah hadits-hadits tersebut shohih?
Jawab: Hadits-hadits yang menerangkan munculnya Al Mahdi terbagi menjadi empat bagian, yaitu:
Pertama: Hadits-hadits dusta.
Kedua: Hadits-hadits lemah (dlo'if).
Ketiga: Hadits-hadits Hasan, namun secara kolektif naik tingkatannya sampai derajat Shahih yaitu sebagai hadits shahih lighoirihi.

Sebagian ulama berkata bahwa di antara hadits-hadits tentang munculnya Al Masih ada yang shahih lidzarihi. Dan ini adalah bagian keempat.

Akan tetapi dia itu bukanlah Al Mahdi yang diklaim bahwa dia berada dalam sebuah gua dalam tanah di Iraq sebagaimana yang mereka katakan, karena anggapan tersebut tidak ada asl usulnya, ia merupakan khurafat belaka dan tidak ada hakikat kebenarannya. Al Mahdi yang diterangkan dalam hadits-hadits tersebut adalah seorang laki-laki seperti manusia bani Adam yang lain, diciptakan dan dilahirkan pada waktunya. Inilah kisah Al Mahdi, mengingkarinya secara mutlaq adalah salah dan menetapkannya secara mutlaq juga salah, mengapa demikian?

Karena menetapkannya dengan bentuk yang mencakup Al Mahdi Muntadhar (Al Mahdi yang ditunggu-tunggu, pent), yang dikatakan bahwa dia berada di gua adalah penetapan yang salah. Karena keyakinan tentang Al Mahdi yang bersembunyi ini merupakan pembodohan akal serta merupakan kesesatan dalam syari'at dan hal tersebut tidak ada dasarnya.

Adapun menetapkan adanya Al Mahdi yang dikabarkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam yang diterangkan oleh banyak hadits tentangnya, dan yang akan dilahirkan pada waktunya serta keluar pada saatnya adalah penetapan yang benar.

Soal no. 139: Siapakah Ya'juj dan Ma'juj?
Jawab: Ya'juj dan Ma'juj adalah dua umat dari bani Adam. Allah Ta'ala berfirman tentang kisah Dzul Qornain.
حَتَّى إِذَا بَلَغَ بَيْنَ السَّدَّيْنِ وَجَدَ مِن دُونِهِمَا قَوْمًا لَّا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ قَوْلًا. قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَى أَن تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا. قَالَ مَا مَكَّنِّي فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ رَدْمًا. آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا حَتَّى إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا . فَمَا اسْطَاعُوا أَن يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا. قَالَ هَذَا رَحْمَةٌ مِّن رَّبِّي فَإِذَا جَاء وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ دَكَّاء وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا (93-98) سورة الكهف.
"Hingga apabila dia telah sampai di antara dua gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata: Hai Dzulqornain, sesungguhnya Ya'juj dan Ma'juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka? Dia (Dzulqornain) berkata:'Apa yang tekah dianugerahkan Rabb kepadaku lebih baik daripada imbalanmu, maka bantulah aku dengan kekuatan agar aku dapat membuatkan dinding penghalang antara kamu dan mereka. Berilah aku potongan-potongan besi. Hingga ketika potongan besi itu telah dipasang sama rata denga kedua puncak gunung itu, dia (Dzulqornain) berkata:'Tiuplah api itu! Ketika besi besi sudah menjadi merah seperti api, diapun berkata:'Berilah aku tembaga yang telah mendidih agar ku tuangkan ke atas besi panas itu. Maka mereka (Ya'juj dan Ma'juj) tidak dapat mendakinya dan tidak dapat pula melubanginya. Dia (Dzulqornain) berkata:'Dinding ini adalah rahmat dari Rabbku, maka apabila janji Rabbku sudah datang, Dia akan menghancurluluhkannya. Dan janji Rabbku itu benar" (QS. Al Kahfi: 93-98).

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
يقول الله يوم القيامة يا آدم قم فبعث بعث النار من ذريتك
"Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:Wahai Adam, bangkitlah, utuslah pasukan ahli Neraka dari anak keturunanmu"

Sampai sabdanya:
أبشروا فإن منكم واحدا ومن يأجوج و مأجوج ألفا
"Bergembiralah karena dari kalian hanya satu orang dan dari Ya'juj dan Ma'juj ada seribu orang" (HR. Bukhori no. 3348; Muslim no. 222).

Keluarnya mereka (Ya'juj dan Ma'juj, pent) yang merupakan salah satu tanda-tanda hari Kiamat telah dijelaskan pada masa Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam. Dalam hadits Ummu Habibah radhiallahu 'anha, ia berkata:'Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam keluar pada hari yang menegangkan dengan wajah yang merah beliau berkata:
لا إله الله ويل للعرب من شر قد اقترب فتح اليوم من ردم يأجوج و مأجوج مثل هذا وحلق بأصبعه الإبهام والتي تليها
"Laa ilaha Illallah, celakalah bangsa Arab dari kejahatan yang sudah dekat kedatangannya. Hari itu telah dibuka tutup Ya'juj dan Ma'juj seperti ini", beliau melingkarkan ibu jarinya dengan jari berikutnya (HR. Bukhori no. 7095; Muslim no. 2880).

ٍSoal no. 140: Syaikh Muhammad Sholih Al 'Utsaimin ditanya tentang Dajjal. Mengapa para Nabi mengingatkan kaumnya dari Dajjal padahal dia tidak akan keluar kecuali pada akhir zaman?
Jawab: Fitnah terbesar di muka bumi sejak penciptaan Adam hingga datangnya hari Kiamat adalah fitnah Dajjal sebagaimana telah diterangkan oleh Nabi shalallahu 'alahi wa sallam.Oleh karena itu tidak ada seorang nabipun sejak nabi Nuh hingga Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam kecuali memperingatkan kaumnya tentang Dajjal1) sebagai upaya menyebut-nyebut persoalannya, mengingatkan besarnya masalah dan peringatan dari fitnahnya. Jika tidak, sesungguhnya Allah mengetahui bahwa Dajjal tidak akan keluar kecuali di akhir zaman, akan tetapi Dia memerintahkan para Rasul agar memperingatkan kaumnya agar jelas akan berat dan besarnya persoalan. Telah shahih hal itu dari Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:
إن يخرج وأنا فيكم فأنا حجيجه دونكم-صلى الله عليه و سلم يعني أكفيكم إياه- و إلا فامرؤ حجيج نفسه والله خليفتي على كل مسلم
"Jika dia (Dajjal) keluar dan aku ada ditengah-tengah kalian, maka aku yang akan mengalahkan dia untuk membela kalian –shalallahu 'alaihi wa sallam, artinya aku melindungi kalian darinya- dan jika tidak ada maka seseorang melindungi dirinya sendiri dan Allah yang menggantikan aku untuk melindungi setiap muslim" (HR. Muslim no. 2937). Sebaik-baiknya pengganti adalah Rabba kita Jalla wa 'Alla.

Dajjal merupakan persoalan yang besar, bahkan ia adalah fitnah paling besar sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits sejak penciptaan Adam hingga terjadinya Kiamat. Oleh karena itu disediakan dalam ta'awudz (mohon perlindungan) dari berbagai fitnah hidup dan dari fitnahnya dalam sholat.
أعوذ بالله من عذاب جهنم ومن عذاب القبر
ومن فتنة محي ومماتي ومن فتنة مسيح الدجال
Aku berlindung kepada Allah dari azab Jahannam, serta dari azab kubur
Dari fitnah hidup dan mati, serta fitnah Al Masihud Dajjal

Adapun kata Dajjal diambil dari kata Ad Dajlu yang artinya pemalsu/pembohong. Karena dia itu pemalsu/pembohong bahkan pembohong terbesar dan manusia yang paling pembohong.

Soal no 141: Kapankah waktu munculnya Masihud Dajjal?
Jawab: Keluarnya Masihud Dajjal merupakan tanda dari tanda-tanda hari Kiamat. Akan tetapi kita tidak mengetahui kapan ia (Dajjal) akan keluar karena kita tidak mengetahui kapan akan terjadinya hari Kiamat, kecuali Allah semata. Demikian juga dengan tanda-tanda akan terjadinya Kiamat kita tidak dapat mengetahuinya kecuali yang telah nampak (telah diterangkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, pent). Kita tidak mengetahui waktu keluarnya Dajjal, akan tetapi kita dapat mengetahui bahwa keluarnya Dajjal merupakan tanda-tanda akan terjadinya hari Kiamat.

Soal no. 146: Apakah Dajjal merupakan keturunan bani Nabi Adam 'alaihi sallam?
Jawab: Dajjal adalah keturunan dari bani Nabi Adam 'alaihi sallam. Sebagian ulama mengatakan bahwa ia (Dajjal) adalah Syaithon. Sebagian lagi mengatakan bahwa bapaknya adalah dari keturunan manusia sedangkan ibunya bangsa jin. Kedua pendapat ini tidaklah benar. Yang nampak bagi kita bahwa Dajjal adalah keturunan bani Nabi Adam 'alaihi sallam. Oleh karenanya ia memerlukan makan dan minum dan selainnya (layaknya keturunan bani Nabi Adam, pent). Oleh karena itu Nabi 'Isa 'alaihi sallam akan membunuh Dajjal layaknya membunuh manusia.

Catatan Kaki:
1) HR. Bukhori.

Sumber: Majmu' Fatawa Wa Rosail Syaikh 'Utsaimin, jilid: 2.

Jika antum menemukan kesalahan dalam terjemahan ini, mohon kiranya antum memberitahukan kami ke ibnsarijan (at) gmail (dot)com.Jazakumullah khoiron katsiro.

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru