Home » » Fatwa Syaikh Robi' bin Hadi Al Madkholiy Untuk Menuntut Ilmu Di Darul Hadits, Dammaj-Yaman

Fatwa Syaikh Robi' bin Hadi Al Madkholiy Untuk Menuntut Ilmu Di Darul Hadits, Dammaj-Yaman

Syaikh Rabi' bin Hadi ditanya : Apa pendapat Syaikh tentang pergi untuk menuntut ilmu di Darul Hadits Dammaj Yaman dan perlu diketahui bahwa saya adalah seorang pemula dalam tholabul ilmi ?

Syaikh Rabi' menjawab : "Ya, sudah seharusnya bagimu untuk rihlah ke tempat tersebut yang merupakan pusat dari pusat-pusat Islam, salah satu menara dari menara-menara Islam.

Ya, ditempuh perjalanan untuk menuju kesana dan ditimba ilmu di dalamnya. Dan didapati dalamnya Insya Allah kebaikan yang banyak,dan didapati (juga) di dalamnya as sunnah dan al huda dan ittiba' kepada sunnah nabi sholallahu alaihi wa sallam.

Maka kami, demi Allah, memberikan dorongan dan semangat untuk belajar di tempat tersebut (dammaj) yang merupakan pusat diantara pusat-pusat sunnah dan dari menara-menara sunnah.

Dan didalamnya didapati orang-orang yang Insya Allah dari kalangan ahlus sunnah, ahlul huda dan ilmu. Kita berdoa semoga Allah mengokohkan mereka diatas sunnah dan agar Allah memberikan manfaat melalui mereka dan agar menjadikan mereka termasuk dari para pembawa bendera ahlus sunnah di zaman ini yang penuh dengan bid'ah dan fitnah.Dan kita berlindung kepada Allah.

Dan Alhamdulillah, barangsiapa yang menginginkan kebaikan dan petunjuk serta jauh dari fitnah maka dia harus bersama markaz-markaz sunnah. Dan Alhamdulillah markaz-markaz tersebut sangat banyak terdapat di berbagai negeri.

Khususnya tempat ini (Dammaj) yang saya melihat di dalamnya ada tamayyuz (tampil beda menampakkan kebenaran) yang terang. Alhamdulillah.

Maka beruntunglah orang yang rihlah kesana dalam rangka mencari Al Huda dari orang atau tempat yang akan memberikannya (kepadanya). Dan berupa apa-apa yang ada di dalamnya berupa sunnah dan kebaikan.


(fatwa ini ditanyakan kepada Syaikh Robi' pada tanggal 25 (23, ed)1) Ramadhan 1424 H. Dinukil oleh Abu Abdillah Almadani, Kholid bin Dhohawy adh dhafiry)

Sumber : http://www.sahab.net/forums/showthread.php?t=355264

Terjemahan Fatwa ini adalah sumbangan dari Al Akh Abu Abdirrahman Al Harits

Naskah Asli Fatwa Syaikh Robi' bin Hadi Al Madkholiy:
كثر الطاعنين في هذا المركز فأحببت أن أهدي أخواني هناك من أهل السنة السلفيين هذه التزكية من العالم الجليل والعلامة شيخنا الوالد الشيخ ربيع بن هادي المدخلي -حفظه الله تعالى- وهو عبارة عن سؤال وجواب للشيخ وذلك في تاريخ 23/ رمضان/ 1424هـ.

مع العلم أني استأذنت الشيخ في نشرها في سحاب السلفية
..................................

السؤال: ما رأيكم في الذهاب للدراسة في دار الحديث في دماج في اليمن، مع العلم أنني طالب مبتدء؟

فكان جواب الشيخ:
نعم ، ينبغي أن تشد الرحال إلى هذا المعقل من معاقل الإسلام، وهذه المنارة من منارات الإسلام.

نعم، يشد إليه الرحال، ويطلب فيها العلم، ويجد فيها -إن شاء الله- الخير الكثير، ويجد فيها السنة والهدى، ويجد فيها اتباع النبي -صلى الله عليه وسلم-.

فنحن والله نشجع على الدراسة في هذه الدار التي هي من معاقل السنة ومن مناراتها.
وفيها رجال -إن شاء الله- من أهل السنة والهدى والعلم، نسأل الله أن يثبتهم على السنة، وأن ينفع بهم، وأن يجعلهم من حملة لواء السنة في هذا العصر الذي تراكمت فيه البدع، وتطورت فيه الفتن والعياذ بالله.

فلله الحمد من أراد الخير ، ومن أراد الهدى، ومن أراد البعد عن الفتن فعليه بمعاقل السنة، ولله الحمد فهي متوفرة في كثير من البلدان، ولاسيما هذا المعقل الذي أرى فيه تميزاً واضحاً، ولله الحمد.

فهنيئاً لمن يرحل إليه يقتبس الهدى من معينه، ويستنير بما فيه من السنة والخير.

نقله لكم أخوكم
أبو عبدالله المدني
خالد بن ضحوي الظفيري
شبكة سحاب
Catatan Kaki:
1) Dalam Terjemahan Al Akh Abu Abdurrahman Al Harits tertulis tanggal 25 Romadlon, namun sebagaimana kita lihat dalam keterangan Syaikhuna Abu Abdillah Kholid Az Zufairi hafizahullah (bahasa Arab) fatwa ini dijawab pada tanggal 23 Romadlon 1424H.

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru