Click Me! Click Me! Click Me!
Home » » KEUTAMAAN DAN AMALAN 10 HARI AWAL BULAN DZULHIJJAH

KEUTAMAAN DAN AMALAN 10 HARI AWAL BULAN DZULHIJJAH

KEUTAMAAN DAN AMALAN
PADA 10 HARI AWAL BULAN DZULHIJJAH

A. KEUTAMAAN 10 HARI AWAL BULAN DZULHIJJAH
Keutamaan 10 hari bulan Dzulhijjah berdasarkan dalil dari Al Qur’an dan Al Hadits
1. Allah Ta’ala berfirman:
{ والفجر * وليالٍ عشر }
Berkata Ibn Katsir dalam menafsirkan ayat di atas:”Yang dimaksud dalam ayat di atas adalah 10 hari awal bulan Dzulhijjah hal ini sebagaimana pendapat Ibn Abbas, Ibnul Zabir, Mujahid dan selain mereka”.
2. Dari Ibn Abbas radhiAllahu ‘anhuma,ia berkata: Bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam:”Tahukah kalian amalan yang paling mulia pada 10 hari awal bulan Dzulhijjah?”, mereka berkata: Bahkan jihad di jalan Allah. Sabdanya: Bahkan di jihad Jalan Allah kecuali seseorang keluar berjihad dengan dirinya serta hartanya tanpa kembali sesuatupun dari keduanya” (HR.Bukhori).
3. Allah Ta’ala berfirman:”Dan sebutlah nama Allah pada hari yang telah ditentukan” berkata Ibn Abbas dan Ibn Katsir:”Maksudnya 10 hari awal pada bulan Dzulhijjah”.
4. Dari Ibn Umar radhiallahu ‘anhuma, ia berkata: Bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam:”Tidaklah ada hari yang lebih mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala dan amalan pada hari itu lebih di cintai-Nya kecuali pada 10 hari awal bulan Dzulhijjah, maka perbanyaklah oleh kalian pada bulan tersebut dengan tahlil, takbir, dan tahmid” (HR. At Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir).
B. AMALAN-AMALAN YANG DISUNNAHKAN PADA BULAN INI
1. Sholat.
Diriwayatkan dari Tsauban r.a, ia berkata: Bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam:”Perbanyaknya oleh kalian sujud kepada Allah, karena tidaklah kalian melakukan sujud kepada-Nya kecuali ia akan menaikkan derajat kalian pada sisi-Nya…” (HR. Muslim).
2. Puasa
Diriwayatkan dari sebagian istri Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bahwasannya mereka berkata:”Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam melakukan puasa pada 9 hari awal Dzulhijjah, hari Asyura, puasa 3 hari setiap bulannya” (HR. Ahmad, An Nasa’I, Abu Dawud dan selain mereka).
3. Takbir, tahlil, dan tahmid
Sebagiamana diterangkan dalam hadits Ibn ‘Umar di atas “Maka perbanyaklah dengan Tahlil, Takbir, dan tahmid” berkata Bukhori:”Ibn ‘Umar dan Abu Hurairoh keluar ke pasar pada 10 hari awal Dzulhijjah dengan bertakbir, maka bertakbirlah manusia mengikutinya”. Ia juga berkata:”Ibn ‘Umar bertakbir pada salah satu quba di Mina, kemudian terdengarlah oleh ahlul masjid maka mereka bertakbir dan diikuti oleh orang-orang di pasar sehingga Mina terpenuhi oleh suara takbir”.

Adapun lafadz takbir yang diriwayatkan oleh sahabat dan tabi’in adalah sbb:

الله أكبر ، الله أكبر ، الله أكبر كبيرا

الله أكبر ، الله أكبر ، لا إله إلا الله ، والله أكبر ، والله أكبر ، ولله الحمد

الله أكبر ، الله أكبر ، الله أكبر ، لا إله إلا الله ، والله أكبر ، الله أكبر ، ولله الحمد
4. Berpuasa pada Hari Arofah
Balasan dari ibadah puasa pada hari Arofah adalah: Menghapus dosa satu tahun sebelum dan sesudahnya

أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده (رواه مسلم


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجميعن

0 comments:

Komentar Terbaru