Home » » MENGENAL RASULULLAH LEBIH DEKAT (Bag:1)

MENGENAL RASULULLAH LEBIH DEKAT (Bag:1)


Segala puji bagi Allah, sholawat dan salam semoga selalu tercurah pada nabi akhir jaman, keluarganya, para sahabatnya serta ummatnya. Amma ba’du.
Sungguh merupakan suatu kebahagiaan tersendiri jika kita dapat mengenal pribadi ushwah kita, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Maka dalam risalah ini –Insya Allah- kami akan mencoba menterjemahkan secara berseri sebuah risalah yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu dari kutaib beliau yang berjudul “Quthuf min Asy-Syamail Al-Muhammadiyah, wal akhlaq an-nabawiyah, wal adab al-islamiyah”. Buku ini berisi tentang akhlak, adab, ketawadu’an, kepahlawanan, kelembutan, kemuliaan, serta ketauhidan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.
Semoga Allah Ta’ala memberikan kemudahan kepada kami untuk menterjemahkannya.
Banyumas, 18 Juli 2012
=====
A. KELAHIRAN RASULULLAH SHALALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM
Allah Ta’ala berfirman:
ôs)s9 £`tB ª!$# n?tã tûüÏZÏB÷sßJø9$# øŒÎ) y]yèt/ öNÍkŽÏù Zwqßu ô`ÏiB ôMÎgÅ¡àÿRr& (#qè=÷Gtƒ öNÍköŽn=tæ ¾ÏmÏG»tƒ#uä öNÍkŽÅe2tãƒur ãNßgßJÏk=yèãƒur |=»tGÅ3ø9$# spyJò6Ïtø:$#ur bÎ)ur (#qçR%x. `ÏB ã@ö6s% Å"s9 9@»n=|Ê AûüÎ7B ÇÊÏÍÈ
“Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang Rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al kitab dan Al hikmah. dan Sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata” (QS. Ali Imron: 164).
Allah Ta’ala berfirman:
ö@è% !$yJ¯RÎ) O$tRr& ׎|³o0 ö/ä3è=÷WÏiB #Óyrqム¥n<Î) !$yJ¯Rr& öNä3ßg»s9Î) ×m»s9Î) ÓÏnºur ( `yJsù tb%x. (#qã_ötƒ uä!$s)Ï9 ¾ÏmÎn/u ö@yJ÷èuù=sù WxuKtã $[sÎ=»|¹ Ÿwur õ8ÎŽô³ç ÍoyŠ$t7ÏèÎ/ ÿ¾ÏmÎn/u #Jtnr& ÇÊÊÉÈ
“Katakanlah (wahai Muhammad): Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa Sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".(QS. Al-Kahfi: 110).
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang berpuasa pada hari Senin, beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:”Itu adalah hari dimana aku dilahirkan, aku diutus pada hari itu, dan pada hari itu Al-Qur’an diturunkan kepadaku” (HR. Muslim).
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dilahirkan pada hari Senin bulan Rabi’ul Awwal di kota Mekkah Al-Mukaromah pada tahun gajah, tahun 571 M dari kedua orang tuanya yang telah dikenal. Bapaknya bernama Abdullah bin Abdul Mutholib, ibunya Aminah binti Wahab. Ia diberi nama oleh kakeknya MUHAMMAD shalallahu ‘alaihi wa sallam. Bapaknya meninggal sebelum beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam lahir.
Sesungguhnya, kewajiban bagi setiap muslim adalah mengenal tentang Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berhukum dengan hokum Al-Qur’an yang mana telah diturunkan kepadanya, berakhlak dengan akhlaknya, serta berdakwah dengan dakwah TAUHID yang mana jalan dakwah ini merupakan jalan dakwah yang pertama kali beliau serukan (dan merupakan jalan dakwah seluruh utusan-Nya, pent). Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala:
ö@è% !$yJ¯RÎ) (#qãã÷Šr& În1u Iwur à8ÎŽõ°é& ÿ¾ÏmÎ/ #Ytnr& ÇËÉÈ
“Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya menyembah Tuhanku dan aku tidak mempersekutukan sesuatupun dengan-Nya" (QS. Jin: 20).

0 komentar:

ANDA MEMBUTUHKAN BIBIT MANGGA BERKWALITAS?

Kami Bibit Unggul Nursery menyediakan berbagai Bibit Mangga Berkwalitas, missal: Mangga Erwin/Irwin, Mangga Kiojay, Mangga Chokanam, mangga Namdokmay, Mangga Mahatir. Kami juga menyediakan Bibit Durian Monthong, Durian Bhineka Bawor, Jeruk Chokun, Jeruk Santang.

Segera Hubungi Kami di:

0852-2081-6455.

Lengkapi koleksi kebun Anda dengan Bibit Berkwalitas dari kami

Kami siap melayani pembelian(Grosir dan Eceran) bibit dari seluruh Indonesia dengan kwalitas bibit unggulan dan harga terjangkau.

Komentar Terbaru